Friday, June 25, 2010

Para Pendeta Desak Presiden Copot Sembiring

Pernyataan tak popular dan tak bijak yang diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring yang bermuatan SARA, disikapi tegas ratusan pendeta yang tergabung dalam wadah Gereja Bethel Indonesia (GBI) Sulut dan Gorontalo. Betapa tidak, dalam kasus ini, seorang pejabat negara menganalogikan atau menyamakan karya penyaliban Tuhan Yesus Kristus dengan kasus pornografi yang disinyalir mirip Ariel, Luna Maya dan Cut Tari.

Menyikapi hal ini, Wakil Ketua I BPD GBI Sulut dan Go-rontalo Pdt Honny Supit Sirapanji menegaskan bahwa se-bagai figur putra terbaik bangsa, tak sepantasnya Sembiring melontarkan pernyataan yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. “Apa jadinya negara kita, apabila pejabat negaranya bersikap tak pantas. Bahkan dapat memicu SARA. Oleh karena itu, kami para hamba Tuhan meminta kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menyopot jabatan Sembiring dari jabatan Menkominfo,” tan-dasnya, Rabu (23/06) kemarin.

Tak itu saja, sebagai bentuk protes para pendeta GBI sepakat untuk menyalurkan aspiransinya ke DPRD. Dengan harapan bahwa aspirasi dapat diteruskan ke pusat. Sebab, jika hal ini diabaikan maka, para pendeta akan turun ke jalan dengan jumlah yang lebih besar. “Kami atas nama pendeta GBI Sulut dan Gorontalo, meminta presiden agar member-hentikan Menkominfo. Karena dia, memang tak pantas untuk duduk sebagai pejabat negara. Kami menilai pernyataan yang sudah dicetuskan beberapa waktu yang lalu merupakan pelecehan bahkan penistaan agama,” ungkap Pdt Hanny Pantow yang ditunjuk sebagai koordinator, saat menyampai-kan aspirasinya di hadapan anggota DPRD, masing-masing Ketua Komisi I John Dumais, Benny Ramdhani, Ben Alotia dan Farid Lauma.

Lanjut kata Pantow, sangat dikhawatirkan jika figur seperti Sembiring ini dipertahankan akan mengoyakkan kerukunan bangsa. “Bukan tidak mungkin, kelak bangsa ini akan dilanda kekacauan. Dan itu semua diakibatkan oleh pernyataan serta statemen yang dilontarkan sangat tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

Menariknya, aspirasi para hamba Tuhan tersebut disam-but positif oleh para wakil rakyat. Malahan terkait hal ini, Benny Ramdhani yang dikenal vokal itu menyatakan siap untuk menggalang massa untuk bersama-sama dengan barisan umat Kristen turun ke jalan. Dan selanjutnya bentuk protes itu akan diteruskan ke pusat dan ditindaklanjuti presiden. Karena pejabat seperti Sembiring tak layak untuk dipertahankan. “Pernyataan yang dilontarkan Sembiring adalah pernyataan yang bodoh. Bahkan telah mengarah pada provokasi. Ditambah lagi dengan tindakan permintaan maafnya yang terkesan penge-cut, karena hanya disampaikan lewat twiiter,” tandasnya

Senada juga disampaikan Dumais, Alotia dan Lauma bahwa hal ini harus didesak ke pusat, agar Sembiring dicopot dari jabatannya sebagai Menkominfo.
sumber: www.hariankomentar.com

No comments:

Post a Comment