Thursday, January 20, 2011

BNPB RI Genjot Persiapan ARF-DiREX


Asean Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF-DIREX), sebuah even latihan bersama penanggulangan bencana tingkat internasional yang diikuti 27 Negara plus Negara Uni Eropa, digenjot persiapannya secara khusus oleh Pemerintah Pusat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (BNPB) RI datang ke Sulut. Kepala Biro Hukum BNPB RI Dewina Nasution SH MSi melakukan koordinasi sekitar 76 peserta dari seluruh SKPD Sulut yang terkait dalam kegiatan ini.

Dewina memberikan penjelasan tentang prosedur masuk keluar orang, barang dan peralatan termasuk hewan yang akan dilibatkan dalam even tersebut. "Dana pusat sebesar Rp 10 miliar namun nanti juga ada dana sharing dari instansi terkait," ujarnya.

Dewina mengaku belum bisa menjelaskan total anggatan yang dibutuhkan, karena hingga saat ini masih dikalkulasikan.

"Kami juga sementara hitung personilnya berapa, biaya konsumsi dan sebagainy," kata Dewina. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, Hoyke Makarawung menambahkan, selain digelontorkan dana pusat even ini juga mendapat bantuan dari Jepang, sedangkan dana dari instansinya sebesar Rp 2 miliar.

"Indonesia dipilih sebagai tuan rumah karena memiliki posisi geografis, pengalaman penyelenggaraan even internasional dan faktor kepemimpinan," kata Makarawung.

Lokasi ARF DIREX mengambil lokasi Pulau Bunaken, Mantehage, Siladen, Wori, Minaesa, Kimabajo dan sepanjang kawasan Megamal hingga Blue Banter.

sumber: www.tribunmanado.co.id

No comments:

Post a Comment