Sunday, January 16, 2011

Harga Cabe di Tomohon Tembus 70 ribu per kilo

Tomohon – Cabe Rawit walaupun bukan merupakan kebutuhan pokok masyarakat di Tomohon, ternyata harganya melambung dari Rp 40 Ribu per Kilgram pada Desember 2010, kini menjadi Rp 70 ribu per Kilogram.

Kenaikan harga yang cukup fantastis ini menurut sejumlah pedagang yang ditemui di Pasar Tomohon, dipengaruhi pasokan Cabe Rawit dari petani yang berkurang diakibatkan tanaman Cabe banyak yang kurang menghasilkan akibat tingginya curah hujan saat ini.

”Mungkin karena di seluruh daerah banyak hujan, sehingga buahnya banyak yang jatuh sebelum dipanen,” ungkap Ibu Martha, penjual rempah-rempah strategis seperti cabe, bawang dan tomat kepada manadotoday.

Selanjutnya Martha menyebutkan, biasanya sejumlah daerah penghasil Cabe baik lokal maupun antar pulau tak pernah menurunkan pasokannya, namun yang terjadi saat ini justru beberapa daerah penghasil tak mengirimkan pasokannya. “Saat ini ada beberapa daerah pemasok seperti Gorontalo, Surabaya serta lokal Tomohon seperti daerah Woloan dan sekitarnya sedikit mengirim pasokan Cabe,” ungkap Martha.

Kabag Perekonomian Setdakot Tomohon Jemmy Supit SE ketika dimintai tanggapan membenarkan kondisi tersebut.
”Ya, dari pantauan kami di lapangan, stok cabe agak kurang. Ino disebabkan banyaknya buah yang jatuh sebelum panen karena banyak turun hujan,” tukasnya.

sumber: www.manadotoday.com

No comments:

Post a Comment