Sunday, November 27, 2011

2012, Petani Tomohon Mendapat Benih dan Pupuk Gratis

Pemerintah Kota Tomohon berkomitmen untuk mendongkrak produktivitas petani pada tahun 2012 mendatang. Ini dilakukan sebagai upaya mempertahankan swasembada pangan dan mewujudkan swasembada beras seperti yang sudah dicanangkan pemerintah.

Jemmy Matindas, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon mengatakan sebuah strategi yang akan dilakukan untuk mencapai target swasembada adalah dengan memberikan pupuk dan bibit gratis bagi seluruh petani yang ada di daerah ini. “Dalam APBD akan dialokasikan dana untuk pemberian pupuk dan bibit padi gratis bagi petani. Bibit yang akan diberikan berasal dari varietas unggulan, sehingga diharapkan produktifitas akan meningkat, karena resiko terserang hama sangat kecil,”  jelasnya.

Selain itu pemerintah juga akan meningkatkan indeks pertanaman hingga 3 kali dalam setahun dari sebelumnya hanya dua kali saja. “Produksi sawah ladang juga akan ditingkatkan, untuk mengantisipasi dan menscegah terjadinya krisis pangan  di Tomohon,” kata Matindas.

James Kojongian, Ketua Komisi B DPRD Kota Tomohon berharap pemerintah konsisten melaksanakan kebijakan tersebut. Namun, tak hanya sekadar memberi pupuk dan bibit gratis saja, tapi mampu membuka akses pasar yang lebih luas bagi petani dalam memasarkan hasilnya. “Kendati hasilnya bagus, tapi jika petani sulit memasarkan hasil, maka keuntungan yang didapat minim,” tukasnya.

sumber: manado.tribunnews.com

No comments:

Post a Comment