Tuesday, November 29, 2011

2014, SULUT 100% Pertanian Organik

Tahun 2014 ditargetkan pertanian di Sulut sudah 100 persen pertanian organik. "Sekarang ini baru Rurukan yang sudah 80 persen pertaniannya organik," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut J Panelewen, seperti dilansir Tribun Manado Selasa (29/11/2011).

Ia mengatakan, memang kalau di Sulut perbedaan harga antara hasil pertanian organik dengan yang non organik belum terlalu kelihatan. Kata dia, hasil pertanian organik ketika dieksport ke luar negeri hasilnya akan sangat menguntungkan bagi petani Sulut. "Karena di negara-negara maju harga sayuran organik atau buah organik itu lebih mahal. Mereka juga lebih suka yang organik," tutur Panelewen.

Menurut dia, pertanian organik Sulut akan lebih sukses lagi ketika Kawasan Ekonomi Khusus diberlakukan di Sulut. Karena, akses untuk mengekspor hasil pertanian akan lebih mudah lagi. "Pokoknya 2014 semua sudah mesti organik," ujarnya.

Ditambahkannya, pihak Dinas Pertanian akan memberikan bantuan berupa pupuk organik kepada para petani. "Kami juga akan memberikan pelatihan bagi para petani agar bisa mengembangkan pertanian secara organik," tandasnya.

Sumber: Tribun Manado
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment