Monday, November 21, 2011

Lima SKPD Pemprov Siap Sukseskan Swasembada Beras 2012

Kerja sama dan koordinasi menjadi kunci sukses terwujudnya Sulut Swasembada Beras 2012 (Swaber). Meski banyak pihak mencibir kesuksesan program tersebut, namun Pemprov tetap optimis bisa mewujudkannya.

Tak tanggung-tanggung beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov pun mengeroyok program tersebut. Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (Bakorluh), Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Badan Ketahanan Pangan (BKP), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut, dan Dinas Perkebunan mempertaruhkan kapabilitas masing-masing untuk kesuksesan Swaber 2012. Masalah pupuk, bibit, dan hama secepatnya disigapi.

Namun, untuk menjamin program tersebut sampai ke petani, peran penyuluh tak bisa disepelekan. "Penyuluh harusnya sudah membuat programa penyuluhan," kata Kepala Bakorluh Ir Rene Hosang, Jumat (18/11).

Dalam programa tersebut, harus ada sinkronisasi antara situasi di lapangan dengan program dan kegiatan dinas terkait. "Dan untuk masalah benih, penyakit, hama hingga pupuk, bila ditemui di lapangan, segera menghubungi Distanak," tambah Kepala Distanak Sulut Ir Johanis Panelewen. 

Pemanfaatan lahan tidur pun akan dimaksimalkan. "Ada kolam ikan yang sudah tidak dimanfaatkan bisa sekaligus dilakukan mina padi," sambung Kepala DKP Sulut Ir HTR Korah MSi. Begitupun lahan yang ada di bawah pohon kelapa.

"Lahan itu bisa untuk padi ladang," lanjut Kepala Dinas Perkebunan Sulut Ir Jenny Karouw MSi. Hal tersebut diungkapan dalam pertemuan Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan yang dipandu Kepala Bidang Penyelenggaraan Penyuluhan Velix Wowor SPt MSi.

Sumber: www.manadopost.co.id

No comments:

Post a Comment