Sunday, November 27, 2011

Putri Indonesia Sesalkan Bunaken Penuh Sampah

Putri Indonesia Lingkungan tahun 2011, Lizza Elly Purnamasari tak menyangka jika perairan pulau Bunaken kotor. Dirinya yang datang ketempat tersebut sebelumnya di dalam benaknya bahwa Bunaken sangat bersih dan bebeas sampah.

“Kok banyak sampahnya yah ? Ternyata diluar dari perkiraan saya,” katanya kepada Tribun Manado, Sabtu (27/11). Lizza berangkat ke pulau Bunaken pada pukul 8.00 Wita. Lizza, datang ke Manado dalam rangkaian perkenalan produk terbaru mustika Ratu.

Di Bunaken, dirinya juga sempat bermain jet ski dan menikmati indahnya panorama bawah laut perairan pulau Bunaken dengan melakukan Snorkling dan Diving. Namun, dia sedikit agak kecewa karena Bunaken yang ada di dalam benaknya sangat bersih, tidak seperti yang diharapkan.

“Kalau sampah daun sih masih wajar. Tapi ini sampah rumah tangga,” terangnya. Melihat itu, dirinya kemudian menanyakan kepada penduduk sekitar yang ada pulau Bunaken. Dan ternyata, sampah-sampah yang mengambang di atas perairan Bunaken itu datang dari Manado. “Jadi ga bagus untuk dipandang,” kata dia. Selain mengenai sampah, Lizza yang juga masih berdarah batak itu, mendapatkan banyak karang-karang besar di perairan Bunaken yang sudah besar. Kata dia, karang tersebut terlihat sangat indah. Akan tetapi, karang yang dilihatnya tersebut ternyata sudah mati di bagian atasnya. Nah, lanjutnya, kerusakan terumbu karang tersebut, diakibatkan adanya pengunjung yang seenaknya menginjak terumbu karang tersebut.

Setelah mendatangi pulau Bunaken, dirinya menghimbau kepada Pemerintah agara lebih peduli lagi dengan persoalan sampah yang hanyut ke pulau Bunaken. “Dan ini adalah tugas Pemko Manado. Selain itu masyarakatnya juga harus sadar dan tidak membuang sampah ke laut,” imbaunya. Bunaken, ucapnya, adalah ikon dari Sulut. Jika sudah rusak, maka tentu saja tidak aka nada lagi wisawatan Domestik atau asing yang ingin berwisata ke pulau tersebut. “Bunaken waktu tahun 1992 sangat indah dan cantik. Jadi kita harus sama-sama menjaganya,” pungkasnya.

Mengenai Manado, dirinya pun berjanji akan kembali lagi ke Manado. Niatnya tersebut karena masih banyak tempat menarik di Sulut yang belum di datanginya.

Sumber: www.manado.tribunnews.com

No comments:

Post a Comment